Kenapa Megawati Bisa Mendapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Padjadjaran? Kenapa Megawati Bisa Mendapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Padjadjaran?


Liputanberita.net - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Rabu besok (25/5/2016). Apa pertimbangan Unpad memberikan penghargaan kepada Megawati?

Salah satu alasan pemberian gelar tersebut adalah pemikiran-pemikiran Megawati selama menjadi Wakil Presiden, Presiden, dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dinilai cukup strategis dan bermanfaat bagi rakyat Indonesia.

"Salah satunya saat beliau mengambil menjadi Presiden menggantikan Abdurahman Wahid, di situ ada kebijakannya yang sampai saat ini cukup kuat. Yakni tentang JKN yang jadi cikal bakal Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dikeluarkan pada Oktober 2014 lalu," ujar Ketua Tim Promotor Obsatar Sinaga dalam Jumpa Pers yang digelar di Kampus Unpad Dipatiukur, Selasa (24/5/2016).

Selain itu, Obsatar menilai sebagai seorang politikus perempuan, di saat masyarakat Indonesia tidak menyukai partai politik, Megawati bisa merangkul orang untuk menyukai politik. Hingga akhirnya Ibu dari Puan Maharani ini bertahan di pucuk pimpinan PDIP.

"Beliau ini dari mulai termarjinalkan di era orde baru, menjadi wakil presiden, kemudian menjadi presiden, hingga sekarang Ibu Mega lah yang menentukan siapa yang jadi presiden," ungkap Obsatar.

Di tempat yang sama, Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad mengatakan, pemberian gelar doktor Honoris causa ini tidak mendadak. Pemberian gelar ini sudah direncanakan sejak beberapa bulan lalu.

"Teman-teman di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik sudah melakukan analisis kuat dalam pemikiran-pemikiran beliau yang memunculkan nilai-nilai akademik yang original terkait dengan aspek kepemimpinan," ujar Hanggono.

Menurutnya, dari aspek akademis gagasan-gagasan original dari pemikiran Megawati bisa bermanfaat bagi generasi muda Indonesia.

"Pola kepemimpinan Ibu Megawati ini akan sangat menginspirasi generasi berikutnya," tandasnya. (Detik)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11