Inovasi Baru, Nissan Buat Mobil Hidrogen dari Bahan Tebu dan Jagung Inovasi Baru, Nissan Buat Mobil Hidrogen dari Bahan Tebu dan Jagung


Liputanberita.net - Nissan Motor tengah mengembangkan kendaraan hidrogen fuel cell. Mobil dengan sistem penggerak yang sama sudah dikembangkan oleh Toyota, Honda, dan Hyundai. Namun bedanya, sumber hidrogen yang digunakan oleh Nissan berasal dari etanol. Nissan menargetkan teknologi ini sudah bisa dikomersialisasikan pada 2020.

Etanol yang digunakan untuk menghasilkan hidrogen didapat dari tanaman, seperti tebu dan jagung. Proses yang dihasilkan diklaim lebih murah dibandingkan teknologi hidrogen yang digunakan oleh Toyota, Honda, dan Hyundai.

"Biaya dan energi yang dihasilkan untuk memproduksi hidrogen sangat tinggi. Ini juga membutuhkan investasi yang besar untuk membuat infrastrukturnya," kata Executive Vice President Nissan Motor, Hideyuki Sakamoto, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (16/6/2016).

Namun, lanjut dia, dengan penggunaan etanol bisa memangkas biaya. Hal ini dikarenakan bahan untuk pembuatannya mudah didapat dan lebih aman.

“Ini dia manfaatnya,” ungkapnya.

Keunggulan lainnya, lanjut Sakamoto, jika tangki etanol penuh bisa memperpanjang daya jelajah kendaraan menjadi sekira 800 kilometer. Lebih jauh dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin dengan daya tampung bahan bakar yang sama, yakni 600 km.

Menurut Sakamoto, biaya operasional mobil hidrogen etanol sama dengan kendaraan listrik. Namun ia menolak memberikan penjelasan secara teknis.

Dengan pengembangan ini, Nissan akan bergabung dengan Toyota dan Honda dalam program 'komunitas hidrogen'. Selain untuk mobil, teknologi hidrogen juga bisa digunakan sebagai sumber listrik sehari-hari di rumah tangga. Dengan begitu, Jepang bisa mengurangi impor bahan bakar dan meminimalisasi penggunaan nuklir sebagai penghasil energi. (Okezone)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11