Video: Siswa SMA Ini Sukses Bongkar Korupsi di Sekolahnya Sendiri Video: Siswa SMA Ini Sukses Bongkar Korupsi di Sekolahnya Sendiri

Video: Siswa SMA Ini Sukses Bongkar Korupsi di Sekolahnya Sendiri

Liputanberita.net - Era reformasi tak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja, tapi juga pelajar di semua sekolah. Reformasi juga mendorong mereka untuk berpikir kritis, termasuk mencegah korupsi merajalela di tempatnya belajar.

Itulah yang dilakukan pelajar SMA Negeri 3 di Solo, Jawa Tengah. Mereka berhasil mengungkap kasus korupsi yang dilakukan oleh kepala sekolah maupun wakilnya.

Sebagai Ketua OSIS, Dermawan Bakri berhasil mengerahkan teman-temannya menuntut transparansi di sekolahnya.

Dalam video itu, Dermawan mengaku curiga dengan anggaran yang dituliskan oleh sekolahnya dalam selebaran kepada orangtua siswa. Selebaran itu menulis anggaran kesiswaan mencapai Rp 218 juta, sedangkan kegiatan-kegiatan OSIS hanya menghabiskan dana Rp 45 juta.

"Seperti kemah, pentas seni semuanya lewat OSIS semua, kok bisa muncul angka Rp 218 juta," ucapnya heran.

Untuk membuktikannya, Dermawan dan keempat rekannya membentuk tim yang beranggotakan beberapa orang siswa lainnya. Ada tim publikasi, media, pencari bukti dan lain-lain, yang masing-masing telah memiliki tugasnya masing-masing.

Aksi ini tidak mudah dilakukan. Bahkan mereka sempat dipanggil alumni, dan mengatakan korupsi sudah menjadi tradisi di Indonesia. Namun, anak-anak itu bergeming, mereka tetap berniat membongkar kebobrokan di sekolahnya.

Video ini diunggah oleh Rasad Abduh sejak 20 Agustus lalu. Sejak itu, video ini telah ditayangkan sebanyak 558.513 kali, dan dibagikan sampai 26.776 kali.

Video ini sendiri telah disebarluaskan melalui laman berbagi video viddsee, dan merupakan film pendek arahan Steve Pillar Setiabudi. Sejak kasus korupsi itu terungkap, Kepala Sekolah SMA Negeri 3 tersebut segera dicopot dari jabatannya. (mdk)

Mau lihat seperti apa aksi siswa SMA ini? Simak videonya dibawah ini :

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11