Kamis, Polri Umumkan Hasil Investigasi Testimoni Freddy Budiman Kamis, Polri Umumkan Hasil Investigasi Testimoni Freddy Budiman


Kamis, Polri Umumkan Hasil Investigasi Testimoni Freddy Budiman
Liputanberita.net - Tim Pencari Fakta Gabungan (TPFG) Mabes Polri sudah selesai menginvestigasi testimoni terpidana mati kasus narkoba Freedy Budiman yang disampaikan Koordinatro Kontras Haris Azhar melalui Facebook beberapa waktu lalu.

"Sudah (selesai penyelidikan)," kata Ketua Tim Pencari Fakta Gabungan (TPFG) testimoni Freddy Budiman, Komjen Dwi Priyatno, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (12/09/2016).

Namun, Dwi masih enggan membeberkan hasil penyelidikan TPFG terkait dugaan adanya oknum polisi yang disebut-sebut menerima uang bisnis narkoba dalam testimoni Freddy itu. "Nanti hari Kamis (15/09) kami sampaikan," ungkap Irwasum Mabes Polri itu.

Menurut Dwi, penyelidikan TPFG dilakukan langsung kepada penyidik kepolisian yang menangani kasus Freddy Budiman di LP Nusakambangan. "Kemudian fledoinya juga kita pelajari," imbuh jenderal bintang tiga itu.

Beberapa waktu lalu, TPFG juga telah mendapatkan rekamam CCTV di salah satu LP Nusa Kambangan. CCTV merekam Freddy Budiman saat bertemu dengan sejumlah orang.

Rekaman CCTV itu terbagi tiga sesi, bagian pertama berdurasi 39 detik, kedua berdurasi 18 menit 43 detik, dan ketiga 1 menit 25 detik. Video tersebut dibuat pada 28 Juli 2016, sekitar pukul 17.00.

Ada tiga materi yang bisa dikemukakan kepada publik. Pertama, berisi perjalanan spritual pribadi Freddy selama di penjara hingga menjelang proses eksekusi, yang mengaku telah bertobat.

Kedua, berisi semacam evaluasi dan saran menyangkut penanganan narapidana di lembaga pemasyarakatan dan dalam kaitannya dengan upaya menghapuskan praktik peredaran narkoba di LP.

Dalam video itu, Freddy juga mengimbau agar penanganan napi narkoba dilakukan secara ketat, tidak dipindahkan dari satu penjara ke penjara lain, termasuk keharusan adanya isolasi dari napi lain. (rn)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11