Polisi Tangkap Pelaku Penjualan Kulit Buaya Sebanyak 120 Ekor di Paser Kaltim | Liputan Berita


Polisi Tangkap Pelaku Penjualan Kulit Buaya Sebanyak 120 Ekor di Paser Kaltim
Liputanberita.net - Polres Paser, Kalimantan Timur membekuk seorang pelaku perdagangan kulit buaya yang merupakan hewan dilindungi. 13 karung kulit buaya dari 120 ekor buaya berhasil diamankan.

Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan mengatakan, tersangka inisial Y itu ditangkap di Jalan Yos Sudarso dekat Lapangan Prajurit Tanah Grogot, Paser, Kaltim Kamis (8/9/2016) kemarin.

"Anggota Opsnal Reskrim mendapatkan info dari masyarakat tentang warga yang akan menjual kulit buaya dari desa Tampakan,Batu Engau, kemudian personil melakukan penyelidikan," kata Hendra kepada detikcom, Rabu (21/9/2016).

Polisi kemudian membuntuti kendaraan yang memuat karung-karung itu. Setelah dihentikan dan dibawa ke Mapolres untuk diperiksa, ternyata berisi kulit buaya.

Hendra menambahkan, barang bukti yang berhasil diamankan berupa 13 karung berisi kulit diduga kulit buaya sebanyak 120 ekor buaya, tombak untuk membunuh buaya, dan pisau untuk menguliti buaya.

"Berdasarkan keterangan, tersangka telah melakukan kegiatan dua kali pengiriman via expedisi ke Binjai Medan Sumut dan Jakarta," ujarnya.

Pada aku yang pertama itu, lanjut Hendra, tersangka berhasil meraih keuntungan dengan omset Rp 40 juta dari 50-60 ekor buaya.

"Dan aksi kedua tidak berhasil kerana tertangkap oleh kepolisian. Perkiraan omset pengiriamn kedua sekitar Rp 80 juta dari 120 ekor," urainya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat melanggar UU No 5 tahun 1990 pasal 21 ayat 2 huruf b dan d
tentang konservatif sumber daya alam hayati dan ekosistem (KSDA) dengan ancama paling lama 5 tahun penjara. (dtk)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca juga ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.