Selama Kerja Di Bank Dunia, Sri Mulyani Akui Tak Pernah Bayar Pajak Selama Kerja Di Bank Dunia, Sri Mulyani Akui Tak Pernah Bayar Pajak



Liputanberita.net - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku saat dirinya masih menjabat sebagai Managing Director World Bank, tidak pernah membayar pajak. Namun, dia tetap mengisi Surat Pemberitahuan (SPT Tahunan) pajak.

Sebab, dalam UU Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) untuk warga negara Indonesia (WNI) yang sudah 183 hari tinggal di luar negeri tidak diwajibkan untuk membayar pajak.

"Saya di world bank tidak bayar pajak. Ada ketentuannya jika sudah meninggalkan Indonesia selama 183 hari, saya tidak harus bayar pajak," katanya di Universitas Indonesia, Depok, Kamis (1/9).

Bahkan, ketika pemerintah memberlakukan program pengampunan pajak, dia langsung memeriksa kebenaran dari laporan SPT-nya.

"Saya ingin mati di Indoensia dan saya ingin mati di republik ini. Makanya saya isi SPT saya. Saya laporkan meskipun saya tidak bisa dipajaki," imbuhnya.

Menurutnya, ketakutan masyarakat untuk membayar pajak saat ini dikarenakan ulah oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Dengan demikian, dia akan melakukan reformasi perpajakan, guna membersihkan nama Ditjen Pajak dari praktik-praktik menyimpang.

"Paling tidak ini di dalam tanggung jawab saya. Saya tidak berjanji besok bisa selesai, tapi saya janji akan saya laporkan progres setiap saat," pungkas Sri. (mdk)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11