AHOK Bukan Gubernur DKI Jakarta Pertama yang Non-Muslim AHOK Bukan Gubernur DKI Jakarta Pertama yang Non-Muslim


AHOK Bukan Gubernur DKI Jakarta Pertama yang Non-Muslim
Liputanberita.net - DKI Jakarta, Provinsi yang menjadi pusat bisnis di Indonesia ini menjadi daerah yang bagi siapapun sebagai pemimpin Jakarta tentunya akan menjadi sorotan berita nasional. Bukan hanya pusat dagang, namun juga Pusat Pemerintahan R.I. yang mencakup banyak hal di dalamnya.

Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok ini jelas sekali dari namanya saja sudah bisa ditebak dari etnis mana ia berasal. Ahok adalah Gubernur Jakarta ke-17 yang sebelumnya diduduki oleh Jokowi yang sekarang menjadi Presiden R.I.

Ahok bukanlah Gubernur DKI Jakarta nonmuslim yang pertama kalinya. Pada tahun 1964-1965, Jakarta telah memiliki gubernur nonmuslim yang bernama Hendrik Hermanus Joel Ngantung, biasa dikenal dengan Henk Ngantung. Pria kelahiran Manado, 1 Maret 1921 ini beragama Katolik.

Henk awalnya dalah deputi gubernur saat Jakarta dipimpin oleh Soemarno. Henk kemudian ditunjuk langsung menjadi wakil Soemarno oleh Bapak Presiden Soekarno. Walaupun menuai banyak protes keras Henk memiliki bakat seni yang ingin digali oleh Soekarno. Kedua temannya yaitu Chairil Anwar dan sastrawan Asrul Sani bergabung bersama Henk untuk mendirikan Gelanggang Seniman Merdeka. Lembaga Persahabatan Indonesia-Tiongkok juga dipimpin oleh Henk untuk meningkatkan program pemerintah di bidang budaya dan ilmu pengetahuan. (\mm/)

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Governors_of_Jakarta

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11