Arbi Sanit Sebut Pendukung Ahok itu Semua Rasional Bukan dari Kalangan Fanatik Arbi Sanit Sebut Pendukung Ahok itu Semua Rasional Bukan dari Kalangan Fanatik


Arbi Sanit Sebut Pendukung Ahok itu Semua Rasional Bukan dari Kalangan Fanatik
Liputanberita.net - Mencuatnya isu SARA jelang Pilkada DKI 2017, menurut pengamat dari Universitas Indonesia Arbi Sanit, tidak akan berpengaruh banyak terhadap arah dukungan masyarakat Jakarta kepada kandidat yang akan memperebutkan kursi DKI satu.

Perdebatan soal SARA yang terjadi di ibukota selama ini, disebut Arbi, adalah antara mereka yang fanatik dan kalangan yang rasional.

“Yang berdebat ini adalah orang-orang fanatik melawan orang-orang yang rasional. Namun isu SARA tidak akan berpengaruh banyak terhadap Pilkada,” kata Arbi kepada Netralnews.com, Rabu (19/10/2016).

Menurut Arbi, karena masyarakat Jakarta lebih didominasi oleh mereka yang rasional dibanding fanatik, sehingga peluang calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), jauh lebih besar memenangkan Pilkada, ketimbang dua kandidat lainnya, yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan.

“Jadi Ahok tidak bergantung pada orang-orang fanatik ini, karena pemilih Ahok adalah orang-orang rasional dan kelas menengah. Mereka adalah anak-anak muda, orang-orang cerdas, dan mereka yang ekonominya baik. Mereka sejalan dengan Ahok,” ujarnya.

“Karena kelas menengah ini ingin pembangunan, ingin Jakarta maju dan modern, ingin ekonomi tumbuh, dan untuk kehidupan menjadi baik,” ungkapnya.

Lebih jauh Arbi menjelaskan, hal itu dapat dilihat dari sejumlah lembaga survei yang kredibel, di mana elektabilitas Ahok masih menduduki posisi teratas.

“Hal itu dapat dilihat dari survei di mana Ahok selalu menang. Itu membuktikan lebih banyak orang yang rasional. Ini sebagai bukti isu SARA tidak terlalu berpengaruh,” tutupnya. (nn)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11