Hari Jadi Pontianak yang ke 245, Peserta Festival Bawakan Tema Flora dan Fauna Hari Jadi Pontianak yang ke 245, Peserta Festival Bawakan Tema Flora dan Fauna


Hari Jadi Pontianak yang ke 245, Peserta Festival Bawakan Tema Flora dan Fauna
Liputanberita.net - Tema flora dan fauna Kalbar yang diusung dalam Festival Drum Band dan Fashion Road kategori SD dan SMP menarik perhatian, Sabtu (22/10). Event tahunan ini digelar Pemerintah Kota Pontianak dan Pontianak Post merupakan rangkaian acara Hari Jadi Kota Pontianak ke-245.

 Acara berjalan semarak yang dipusat depan Gedung Graha Pena Pontianak dan jalan Gajah Mada. Ribuan pasang mata menyaksikan atraksi peserta. Tahun ini juga datang dari beberapa perwakilan kabupaten di Kalbar.

“Penyelengaraan acara ini sudah beberapa tahun diadakan. Namun, tiap tahunnya selalu ada yang berbeda. Tahun ini saya lihat pesertanya mengenakan pakaian bertemakan flora dan fauna. Selain iringan drum band, fashion road ini dapat menarik mata pengunjung,” terang Dian, salah satu penonton yang menyaksikan pembukaan Festival Drum Band dan Fashion Road, kepada Pontianak Post.

Festival yang start awal dari gedung Graha Pena, Jalan Gajah Mada, belok Café Corner putar arah dan kembali ke Graha Pena Pontianak menghipnotis mata penonton. Apalagi, untuk kategori yang dipertandingkan tingkat SD dan SMP. Tahun ini perwakilan dari Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Pontianak juga turut tampil sebagai pengisi acara.

Bidang Pembinaan Prestasi PDBI Pontianak, Tri Pangesti Handayani, mengatakan, tahun ini tim Drum Band PDBI Pontianak juga mengisi acara Festival Drum Band ini. Mereka tampil sebelum peserta Drum Band tingkat SMP mulai. “Peserta Drum Band ini memberi nuansa baru untuk Drum Band Kalbar, menuju kearah standar Provinsi,” terangnya.

Pantauan dia melihat seluruh peserta Drum Band tingkat SD bermain sudah cukup baik.Meski dari sisi aransemen belum maksimal, namun secara keseluruhan baik, harmonisasi nada yang diciptakan lumayan bagus. Dari sisi kostum ia juga mengapresiasi. “Kostumnya bagus, artinya untuk mengikuti ajang ini mereka sudah mempersiapkan secara matang. Tidak asal-asalan,” terangnya.

Untuk pengembangan atlet Drum Band, PDBI juga lakukan koordinasi dengan pihak panitia, untuk lakukan pendataan jumlah Drum Band di Pontianak. Ini sebagai langkah untuk membawa per Drum Bandnan Pontianak kearah lebih baik lagi.

Di tempat sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak, Elfira Hamid menjelaskan, pelaksanaan Festival Drum Band dan Fashion Road ini merupakan salah satu rangkaian acara tahunan Hari Jadi Kota Pontianak ke 245. “Untuk tahun ini temanya flora dan fauna,” ungkapnya.

Elfira pribadi melihat, kegiatan ini miliki potensi jadi ajang tahunan yang dapat mengundang wisatawan. Tema yang berbeda tiap tahun membuat acara ini selalu menarik dan tak bosan. Peserta dapat lebih banyak mengeluarkan kreatifitasnya, terutama bagaimana mengeksplorer tema flora dan fauna itu dari bahan daur ulang.
Hari Jadi Pontianak yang ke 245, Peserta Festival Bawakan Tema Flora dan Fauna
Tema flora dan fauna dalam rangka memperingati hut pontianak ke 245
Tahun ini pesertanya juga diikuti dari luar Pontianak. Artinya, penyelenggaraan kegiatan ini berhasil mengundang peserta dari luar Pontianak untuk berpartisipasi. Untuk kreatifitas Elfira melihat tiap tahun semakin bagus. Banyak ide baru timbul. Untuk peserta Drum Band secara keseluruhan juga bagus. Apalagi yang ia ketahui, ke depan Drum Band juga diperlombakan di tingkat nasional. Artinya, pengembangan Drum Band dapat berkelanjutan. “Kostum peserta juga tak kalah. Dalam penilaian, tim juri pasti melihat keserasian, kostum, irama serta kekompakan,” ungkapnya.

Elfira bertekad akan memaksimalkan kegiatan ini. Kekurangan yang ada akan diperbaiki di tahun berikutnya. Menurutnya, jika dilakukan maksimal, ini bisa menarik perhatian wisatawan. (pp)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11