Kepuasan Rakyat Tinggi, SMRC Sebut Jokowi bisa Terpilih lagi jadi Presiden | Liputan Berita


Kepuasan Rakyat Tinggi, SMRC Sebut Jokowi bisa Terpilih lagi jadi Presiden
Liputanberita.net - Sekitar 69 persen warga Indonesia ternyata merasa puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakilnya Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Angka tersebut terlihat dari hasil survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dalam 'Evaluasi Publik Dua Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-JK' sore tadi.

Angka kepuasan masyarakat itu, tampaknya bisa berimbas pada tingkat keterpilihan Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas mengatakan, jika Pilpres digelar saat ini, Jokowi kemungkinan akan kembali terpilih sebagai presiden mengungguli Prabowo Subianto di urutan kedua. Sirojudin menyebut dukungan kepada Jokowi cenderung menguat. Sedangkan, suara untuk Prabowo menunjukkan tren menurun.

"Dengan jawaban spontan, Jokowi mendapat dukungan terbanyak sebagai presiden bila pemilihan diadakan sekarang. Disusul Prabowo Subianto 8,6 persen. Tokoh-tokoh lainnya dibawah 3 persen," kata Sirojudin di Hotel Sari Pan Pasific, Minggu (23/10).

Selain dilakukan spontan, pihaknya juga mengajukan pertanyaan kepada responden secara semi terbuka. Hasilnya, dukungan kepada Jokowi tetap yang tertinggi, disusul Prabowo dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Dalam bentuk pertanyaan semi terbuka, dukungan kepada Jokowi sebesar 44,5 persen, disusul Prabowo 14,3 persen, SBY 5 persen," terang dia.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada 13-17 Oktober 2016. Populasi survei ini melibatkan seluruh warga Indonesia yang memiliki hak pilih di Pemilu yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Populasi survei sendiri dilakukan dengan metode random (multistage random sampling) 1.220 responden. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Selain itu, untuk response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1035 atau 84,8 persen. Sebanyak 1035 responden yang dianalisis. Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut sebesar +/- 3.1% pada tingkat kepercayaan 95% (dengan asumsi simple random sampling). (mdk)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca juga ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.