11 Tips membeli VGA Card Murah dan Berkualitas 11 Tips membeli VGA Card Murah dan Berkualitas


11 Tips membeli VGA Card Murah dan Berkualitas
Liputanberita.net - Apakah Anda para gamer yang sedang mencari harga VGA card yang murah? Gamer sejati tentunya memerlukan kapasitas VGA yang lebih besar dibandingkan dengan VGA bawaan dari laptop ataupun komputer. Hal ini dikarenakan VGA bawaan komputer atau laptop dirasa kurang mendukung jika digunakan untuk bermain game berat. Apalagi jika laptop atau komputer yang digunakan mempunyai spesifikasi gaming standar, tentunya penambahan VGA sangat diperlukan untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer Anda.

Memilih VGA card dengan harga yang murah memang tidak mudah. Hal ini dikarenakan rata-rata harga VGA card tambahan harganya ratusan sampai jutaan rupiah. Oleh karena itu, sebelum membeli VGA card untuk laptop ataupun komputer Anda maka Anda harus memastikan VGA seperti apa yang cocok untuk Anda. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan tips bagaimana cara memilih VGA yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Cara Memilih VGA Card Terbaik

Dalam memilih VGA card laptop ataupun komputer yang murah dan berkualitas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. GPU yang digunakan

Sebelum ke tempat penjual VGA card yang murah berkualitas, maka Anda perlu mengetahui GPU yang ada dalam VGA. GPU ini merupakan singkatan dari Graphic Processing Unit yang merupakan otak dari sebuah grafis card atau VGA. Sekarang ini hanya ada dua jenis GPU yang bagus untuk komputer ataupun laptop, yaitu GPU Ati Radeon dan Nvidia. Keduanya mempunyai kecepatan yang sangat bagus sehingga dapat memberikan kepuasan bagi Anda dalam bermain game berat.

2. Merek dari Graphic Card yang digunakan

Merek dari Graphic Card juga harus dipertimbangkan pada saat akan membeli VGA ditempat jual VGA card dengan harga yang murah. Hal ini dikarenakan merek dari Graphic Card yang digunakan sangat berpengaruh besar terhadap kualitas yang diberikan. Merek yang terkenal biasanya memberikan GPU pada pub yang berkualitas bagus sehingga komponen yang ada dalam VGA menjadi awet dan VGA tidak akan mudah rusak walaupun komputer digunakan untuk bermain game yang berat.

3. Core Speed yang ada pada VGA Card

Jual VGA card atau jika Anda akan membeli VGA Card, maka core speed dari VGA juga harus diperhatikan. Core speed ini merupakan kecepatan maksimal yang dihasilkan oleh GPU. Dengan core speed yang semakin besar, maka kualitas VGA tersebut akan semakin bagus. Kualitas yang bagus untuk core speed adalah mode bost dan mode base. Anda bisa cek mode core speed ini pada spesifikasi dari VGA yang akan dibeli atau dijual.

4. Kapasitas memori yang disematkan dalam VGA Card

Dalam membeli VGA card murah, Anda juga harus memperhatikan memori yang disematkan dalam VGA. Memori ini mempunyai fungsi yang sama dengan RAM yaitu menyimpan data sementara. Kriteria VGA terbaik yaitu yang mempunyai kapasitas memori yang banyak. Kapasitas memori dari VGA yang paling kecil, yaitu 512 MB dan yang paling besar 12 GB. Rata-rata memori VGA dengan harga terjangkau, yaitu 2 GB sampai 4 GB.

5. Kapasitas memori clock speed pada VGA

Dalam memilih VGA card juga harus memperhatikan kapasitas dari clock speed yang ada didalamnya. Berbeda dengan kapasitas memori VGA yang sama dengan RAM, kapasitas clock speed ini ditunjukkan dengan satuan Mhz. Semakin besar Mhz yang tersemat didalam VGA, maka kecepatan dari VGA ini akan semakin bagus.

6. Jenis memori yang digunakan

Harga VGA card Nvidia dan ATI Radeo dipengaruhi oleh jenis memori yang digunakan. Oleh karena itu, sebelum membeli VGA, maka Anda perlu untuk mengetahui jenis memori yang digunakan didalam VGA yang akan dibeli. Jenis memori pada VGA ini ditandai dengan kode GDDR atau DDR. Semakin besar DDR yang digunakan, maka kecepatan transfer dari VGA ini akan semakin bagus. Sehingga Anda akan semakin nyaman dalam bermain game menggunakan VGA ini.

7. Jalur data pada VGA

Sebelum mengunjungi tempat jual VGA card yang murah dan berkualitas, Anda juga harus mengetahui jalur VGA yang bagus. Jalur data untuk VGA ini sering dikenal dengan memory interface atau lebih dikenal dengan kecepatan VG untuk mentransfer data. Untuk VGA yang akan digunakan pada komputer gaming sangat disarankan untuk menggunakan jalur data dengan kecepatan 128 bit keatas. Sedangkan untuk desain grafis 64 bit juga sudah cukup.

8. Port keluar untuk VGA

Dalam membeli atau menjual VGA card, Anda juga harus memperhatikan port keluar yang digunakan. Ada tiga jenis port keluar untuk VGA yaitu port tipe HDMI, port tipe DVI, dan port tipe D Sub. Dari ketiga jenis port ini yang paling cocok untuk laptop dan komputer modern adalah HDMI dan DVI. Untuk D Sub biasanya digunakan untuk laptop atau komputer dengan tipe CRT.

9. Pengontrol direct input VGA

Dalam memilih VGA card dengan harga yang murah, maka Anda perlu mengetahui direct input VGA yang akan Anda beli. Direct input ini sering disebut juga dengan Direct X yang mengatur sampungan hardware VGA ke komputer. Untuk Anda yang menggunakan komputer untuk bermain game lama, maka bisa memilih VGA dengan Direct X 9. Sedangkan untuk bermain game modern terbaru sangat disarankan untuk menggunakan minimal Direct 10.

10. Crossfire atau SLI pada VGA

Dalam setiap spesifikasi pada jual VGA card yang murah dan berkualitas pasti akan ditampilkan dua pilihan, yaitu crossfire atau SLI untuk motherboard yang digunakan. Keduanya ini merupakan sistem yang mendukung kinerja dari VGA dan motherboard. Biasanya satu jenis komputer hanya bisa menggunakan crossfire saja ataupun SLI saja. SLI merupakan jenis VGA Nvidia sedangkan crossfire merupakan jenis VGA untuk ATI radeon. Oleh karena itu, Anda harus jeli dalam memilihnya.

11. Jenis PCle pada VGA

Dalam membeli ataupun jual VGA card second, maka Anda harus menjelaskan PCle yang digunakan pada VGA. Ada tiga jenis PCle pada VGA, yaitu PCle jenis 1.0, PCle jenis 2.0, dan PCle jenis 3.0. Masing-masing PCle ini mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Untuk setiap jenis PCle ini mempunyai kemampuan maksimal 16x. Kualitas VGA yang bagus adalah VGA yang mempunyai PCle seri 3.0 dan mempunyai kecepatan maksimal 16x. Semakin tinggi versinya dan kecepatannya, maka VGA tersebut mempunyai kualitas yang bagus.

Baca juga : 3 Langkah Ampuh dan Aman Bersihkan Layar Smartphone

Sudah siapkah Anda memilih VGA card sekarang? Dengan tips diatas tentunya Anda bisa memperkirakan sendiri VGA card seperti apa yang Anda butuhkan. Dalam membeli VGA memang harus dipertimbangkan dengan tepat, hal ini dikarenakan VGA merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam komputer atau laptop. Jika Anda tidak mau disusahkan dengan pemilihan tersebut, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli laptop gaming terbaru di Bhinneka.Com. (*)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11