Demo Telah Selesai, Bagaimana Nasib Rupiah Besok? Demo Telah Selesai, Bagaimana Nasib Rupiah Besok?


Demo Telah Selesai, Bagaimana Nasib Rupiah Besok?
Liputanberita.net - Aksi demo besar-besaran yang terjadi pada Jumat (4/11/2016) membuat rupiah labil. Dolar AS sempat melesat di kisaran Rp 13.110 menjelang aksi demo 4 November 2016 lalu.

Mata uang Paman Sam tersebut sempat turun saat diketahui demo berlangsung damai. Namun, malam harinya, saat demo berlangsung ricuh, rupiah merosot. Dolar AS naik tajam ke level tertingginya di Rp 13.137. Saat ini, posisi dolar AS bertengger di level Rp 13.114.

Analis Global Market Bank Mega, James Evan Tumbuan menjelaskan, ada potensi kembali menguatnya dolar AS terhadap rupiah, esok hari. Selain sentimen global yang jadi faktor dominan, prediksi penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga bisa semakin memukul rupiah.

"Pergerakan tergantung kondisi di Amerika Serikat, tapi kurang kondusif karena di sana election (pemilihan Presiden), kecenderungannya uang larinya bukan ke emerging market, tapi ke mata uang negara-negara maju seperti Euro dan Yen. Itu yang saya kira bisa membuat rupiah melemah," jelasnya kepada detikFinance, Minggu (6/11/2016).

"Bursa global juga sedang kurang baik. IHSG diprediksi akan melemah karena market global, salah satunya juga karena demo. Kalau IHSG turun otomatis orang yang beli rupiah akan sedikit," tambah James.

Dia berujar, kalau pun ada pelemahan rupiah, diperkirakan tidak akan turun terlalu dalam.

"Tidak akan banyak proyeksi (turun), paling tidak di kisaran level Rp 13.100 atau sekitar Rp 13.120. Saya tidak melihat ada pelemahan rupiah sampai Rp 13.200 ke atas," ujar James. (dtk)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11