Dituduh Provokasi Massa Demo 4 November, Fahri Hamzah Dilaporkan ke Polisi Dituduh Provokasi Massa Demo 4 November, Fahri Hamzah Dilaporkan ke Polisi


Dituduh Provokasi Massa Demo 4 November, Fahri Hamzah Dilaporkan ke Polisi
Liputanberita.net - LSM Solidaritas Merah Putih (Solmet) melaporkan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ke Polda Metro Jaya karena dinilai telah memprovokasi massa dalam orasinya di demo 4 November. Orasinya dinilai telah menimbulkan tindakan rusuh massa.

"Yang kami laporkan adalah saudara Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR karena telah memprovokasi dalam hal ini memfitnah, menghasut yang mengakibatkan massa melakukan tindakan anarkis," ujar Ketua Umum Solmet Silvester Matutina kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/11/2016).

Menurut Silvester, orasi Fahri dalam aksi demo tersebut tidak patut diucapkan oleh seorang anggota dewan. Menurutnya, orasi Fahri juga dapat menimbulkan perpecahan.

"Fahri Hamzah telah menghasut masyarakat untuk melengserkan Presiden Jokowi baik secara parlemen jalanan maupun di DPR. Beliau berkali-kali katakan pak Jokowi menistakan agama dan menipu rakyat, sehingga waktu demo itu jadi ricuh," sambungnya.

"Dalam orasinya, Fahri mengatakan 'saudara presiden Jokowi telah melanggar berkali-kali dan tidak memberikan rasa aman dan nyaman kepada hati umat Islam, menghina ulama, mencaci maki simbol-simbol Islam, membiarkan yang non muslim menghina simbol agama kita'," terang Silvester.

Dalam laporannya bernomor LP/5541/XI/2016/PMJ/Ditreskrimum, Fahri dilaporkan atas dugaan pelanggaran Pasal 160 KUHP tentang penghasutan. Dalam laporannya itu, Silvester melampirkan bukti-bukti di antaranya rekaman audio saat Fahri orasi yang diunggah ke akun fanpage Facebook Fahri Hamzah pada tanggal 4 November.

"Yang kami serahkan bukti rekaman suara yang bersangkutan, itu ada di fanpage milik Fahri Hamzah," cetusnya.

"Kami sebagai anak bangsa, kami merasa berkewajiban untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," sambungnya.

Silvester meminta aparat polisi untuk segera menindaklanjuti laporannya itu dan memproses Fahri Hamzah. Silvester juga mengaku siap apabila Fahri Hamzah melaporkan balik dirinya ke aparat polisi.

"Kami sudah siap sebagai anak bangsa, jangankan tuntutan balik dari Fahri Hamzah," ungkapnya.

Berbagai laporan yang menyudutkan Fahri pun dianggap Fahri angin lalu. Fahri Hamzah mengaku tak takut menghadapi laporan itu.

"Kita sekarang hidup di era demokrasi di mana rakyat telah memiliki kebebasan penuh untuk mengontrol jalannya negara. Dan setiap pejabat negara harus tahu dan sadar diri bahwa dia dikontrol rakyat. Maka saya tidak saja siap dilaporkan, bahkan saya siap didemo," kata Fahri Hamzah kepada wartawan, Jumat (11/11/2016). (dtk)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11