Ini Celah yang Akan Dimanfaatkan Timses Lawan untuk Kalahkan Ahok-Djarot Ini Celah yang Akan Dimanfaatkan Timses Lawan untuk Kalahkan Ahok-Djarot


Ini Celah yang Akan Dimanfaatkan Timses Lawan untuk Kalahkan Ahok-Djarot
Liputanberita.net - Potensi penurunan suara pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut II, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat akan dimanfaatkan tim sukses lawan.

Direktur Lembaga Survei Sinergi Data Indonesia, Barkah Pattimahu, melihat penurunan suara Ahok menumpuk di swing voter. Seharusnya suara itu lari ke pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni atau Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Penurunan suara Ahok menumpuk di swing voter. Harusnya suara lari ke dua calon bukan swing voter. Ini tak cukup tepat. Harusnya lari ke pemilih ada kesamaaan identitas dan pilihan," ujar Barkah Pattimahu ditemui di kantor Sinergi Data Indonesia, Minggu (13/11/2016).

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Indonesia, Aditya Perdana, mengatakan melihat fenomena itu maka tim sukses Agus-Sylvi dan Anies-Sandi harus berupaya menarik minat pemilih yang semula akan memilih Ahok.

Menurut dia, pemindahan dukungan dari Ahok-Djarot kedua pasangan lain dapat terjadi. Apalagi melihat faktor agama kedua pasangan lawan petahana tersebut.

"Ada potensi pengaruh penurunan suara di keterpilihan. Saya sangat yakin timses dua kandidat lawan Ahok pasti akan melihat hal itu dan akan mencari peluang mengunggulkan suara Ahok," kata Aditya.

Berdasarkan survei dari Sinergi Data Indonesia ada sebanyak 27,50 persen undecided voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan. Menurut Aditya, Pilkada DKI Jakarta 2017 berpeluang digelar dua putaran.

"Saya merasa dengan kondisi hasil survei. Kemudian dengan undiceded voters lumayan tinggi. Saya melihat ada itu (dua putaran,-red)" tambahnya.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sedang menghadapi permasalahan hukum. Mantan Bupati Belitung Timur itu diduga menistakan agama.

Direktur Lembaga Survei Sinergi Data Indonesia, Barkah Pattimahu, memprediksi survei perolehan suara pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat akan mengalami penurunan.

Menurut dia, penurunan suara akan terjadi apabila aparat kepolisian menetapkan Ahok sebagai tersangka dan terbukti secara hukum melakukan penistaan agama. Namun, sampai saat ini hal tersebut belum terjadi.

Paslon nomor urut II itu masih mengungguli dua pasangan lainnya, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. (tn)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11