Parahnya Kelakuan Pekerja Asal China di Indonesia Parahnya Kelakuan Pekerja Asal China di Indonesia


Parahnya Kelakuan Pekerja Asal China di Indonesia
Liputanberita.net - Sejak kerja sama pembangunan diteken dengan China, warga dari negara tersebut berbondong-bondong datang ke Indonesia. Ribuan pekerja masuk dengan visa resmi, banyak di antara mereka yang kemudian dipekerjakan di sektor manufaktur.

Rupanya, kedatangan mereka ke Indonesia tidak dibarengi dengan pengetahuan budaya atau aturan setempat. Alhasil, kerap kali muncul beberapa kejadian yang bersinggungan.

Salah satunya saat sejumlah pekerja asal Negeri Tirai Bambu tersebut mengibarkan bendera China berkibar di Pulau Obi, Ternate. Setelah bernegosiasi, bendera tersebut akhirnya diturunkan pada 25 November lalu.

Saat itu tengah hendak dilakukan peresmian Ground Breaking Ceremony Projek Smelter, PT Wanatiara Persada.

Penurunan bendera di lokasi acara dilakukan personel security PT Wanatiara, sedangkan bendera berkibar di dermaga penurunannya turut dibantu oleh Sertu Marinir Agung Priyantoro agar bendera tidak menyentuh tanah.

"Proses menurunkan bendera Tiongkok berjalan aman dan lancar," kata Kadispenal Laksamana Pertama, Gig Jonias Mozes Sipasulta kepada merdeka.com, Minggu (27/11).

Menurutnya, penurunan bendera tersebut dapat dilakukan setelah ada pembicaraan dan kesepakatan antara Pihak PT Wanatiara Persada dengan aparat keamanan (TNI/Polri).

"Dalam insiden tersebut PT Wanatiara Persada bertangungjawab dengan meminta maaf atas kejadian pengibaran bendera RRC tersebut," tandasnya.

Kejadian ini bukan yang pertama kalinya. Beberapa tahun sebelumnya, kasus serupa juga kerap kali terjadi.

Berikut rangkumannya :

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11