Pasca Demo Ahok, Ribuan Orang Aksi Gerak Jalan Kerukunan Antar Umat Pasca Demo Ahok, Ribuan Orang Aksi Gerak Jalan Kerukunan Antar Umat


Pasca Demo Ahok, Ribuan Orang Aksi Gerak Jalan Kerukunan Antar Umat
Liputanberita.net - Parisadha Budha Dharma Niceren Syosyu Indonesia (NSI), menggelar acara gerak jalan kerukunan di depan Kantor Kementerian Agama RI Jalan MH Thamrin, Jakarta. Gerak jalan ini dalam rangka memperingati hari jadi ke-52 NSI yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

Selain itu, gerak jalan kerukunan ini sekaligus memperingati Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober serta mensosialisasikan pesan damai antar umat beragama. Gerak jalan ini dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Pantauan merdeka.com, Minggu (6/11), sekitar pukul 06.00 WIB, Menteri Lukman tiba di lokasi mengenakan baju kaos berwarna hijau.

Gerak jalan ini diikuti 2.233 warga. Dari 2.233 warga, 1.356 orang di antaranya adalah peserta NSI sementara 877 orang di antaranya adalah tamu undangan.

Berdasarkan rencana, gerak jalan ini dimulai dari depan Kantor Kementerian Agama menuju Patung Arjuna Wiwaha yang terletak di persimpangan Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka. Kemudian peserta gerak jalan berputar ke arah jalan Jalan KH Wahid Hasyim atau Sarinah hingga kembali ke depan Kantor Kementerian Agama.

Menurut Ketua Umum NSI, Mahapandita Utama Suhadi Sendjaja, gerak jalan ini menjadi upaya untuk merawat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

"Kerukunan adalah sesuatu yang sudah ada di Indonesia sejak dulu. Gerak jalan ini menjadi satu kegiatan merawat kerukunan yang direkomendasikan oleh PKUB Kementerian Agama RI," ujar Suhadi dalam keterangan persnya.

Suhadi menambahkan, gerak jalan ini sekaligus menjadi momentum penting untuk memulihkan dampak psikologis yang muncul pasca aksi demonstrasi 4 November 2016 di depan Istana Negara.

"Kami berharap gerakan ini menjadi momentum untuk memulihkan situasi dan rasa percaya diri dari masyarakat, khususnya warga keturunan Tiong Hoa," kata dia. (mdk)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11