Harga Smartphone Murah Tapi Bukan Murahan Harga Smartphone Murah Tapi Bukan Murahan


Harga Smartphone Murah Tapi Bukan Murahan
Liputanberita.net - Dalam beberapa tahun belakangan, produsen smartphone banyak mengeluarkan jenis hp yang canggih dengan harga yang terjangkau. Mereka seolah berlomba mengeluarkan harga smartphone yang semakin terjangkau masyarakat dengan fitur yang mendekati sang maestro, iPhone. Mulai dari Samsung, Asus, hingga hp buatan negeri China seperti Xiaomi dan Oppo, hampir menguasai pasaran smartphone di setiap toko. Jika Anda akan membeli hp baru dan menanyakan kepada penjualnya mana yang paling bagus, mereka kebanyakan akan bilang semua sama saja.

Hal ini bisa terjadi karena hampir semua produsen atau merk memiliki r yang sama dengan apa yang disebut smartphone. Namun yang menjadi kekuatan produk mereka adalah harganya yang terjangkau. Meskipun ada beberapa yang masih rilis dengan harga selangit, tapi dalam beberapa tahun ke depan, harga smartphone tersebut dipastikan turun. Hal ini terjadi juga pada Apple sebagai salah satu produsen smartphone yang cukup menjadi teladan beberapa produsen smartphone dalam memberikan sentuhan aplikasi di produknya.

Harga Smartphone Beberapa Merk Hp Yang Banyak di Pasaran

Untuk referensi sebelum Anda membeli smartphone, Anda bisa melihat daftar harga sebagai gambaran di situs bhineka.com. Disana Anda bisa menemukan beberapa harga smartphone yang bervariasi tergantung jenis dan merk, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Beberapa smartphone mungkin sudah familiar di masyarakat karena banyak digunakan dan merupakan “smartphone sejuta umat”. Berikut beberapa harga smartphone berbagai merk dari yang paling murah hingga yang termahal:

1. Samsung

Tentu kita masih ingat bagaimana Samsung memulai debutnya di dunia smartphone dengan harga smartphone yang cukup terjangkau, tentu saja dengan teknologi yang “mendekati” kompetitor utamanya, Apple dengan iPhone-nya yang sudah menghagemoni di pasaran. Untuk harga termurah yang bisa ditemukan di bhineka.com, Samsung mengeluarkan produk Galaxy Z2 4G (Z200) dengan harga mulai Rp 900.000an. Sedangkan untuk harga tertinggi, Samsung mengeluarkan produk Galaxy S7 Edge dimana Anda perlu merogoh sekitar Rp 10.000.000.

Namun Anda tidak perlu khawatir, harga Samsung tidaklah seekstrim itu. Ada beberapa produk yang harganya masih terjangkau anak kuliahan, yakni berkisar 1-3 juta saja. Beberapa keunggulan smartphone Samsung diantaranya kualitas RAMnya yang cenderung tidak rewel. Beberapa smartphone terkadang mengalami masalah lemot atau lambat dalam memproses aplikasi, Samsung tidak demikian. Untuk kualitas kamera, Samsung memang tidak sebaik Xiaomi atau Asus. Tapi cukup untuk mengambil foto barang dagangan bagi Anda yang berjualan online shop.

2. Asus

Sejak kemunculan pertama kalinya di kancah pasar smartphone, Asus mengeluarkan seri Zenfone 4, 5, dan teman-temaNnya. Harga smartphone Asus saat itu bisa dibilang sangat terjangkau untuk kalangan mahasiswa dengan budget gadget pas-pasan. Semakin berkembangnya Asus, sekarang ada produk yang harganya bisa mencapai Rp 5000.000, yaitu untuk seri Zenfone 3 (64GBatau4GB). Dibawahnya, tersedia seri Padfone S non Station dengan harga Rp 3000.000an saja.

Jika kita melihat harga smartphone Asus yang harga tertingginya saja Rp 5 juta, tentu kita bisa akan mampu membeli seri yang kelas menengah dengan harga 1-2 jutaan. Salah satu kelemahan smartphone Asus adalah perangkatnya yang gampang panas saat pemakaian. Belum lagi kapasitas baterainya yang boros. Namun yang menjadi keunggulan Asus adalah kualitas kameranya yang jernih dan responsif. Gambar bisa langsung diproses begitu Anda menyentuh tombol foto, realtime, langsung, tanpa menunggu seper sekian detik.

3. Xiaomi

Smartphone yang satu ini meskipun kemunculannya masih baru, namun sudah memulai debutnya dengan sangat elegan. Terkenal dengan kapasitas baterainya yang tahan lama, kualitas kameranya yang jernih, dan juga kapasitas RAM yang bisa diandalkan, membuat Xiaomi menjadi salah satu primadona smartphone yang banyak diburu pelanggan. Harga smartphone Xiaomi ini masih terbilang terjangkau untuk kalangan mahasiswa (yang gemar menabung). Anda hanya perlu merogoh setidaknya Rp 3.300.000 untuk mendapatkan seri terbaru Xiaomi Mi 5 (32GBatau3GB).

Untuk referensi lebih jelas, Anda bisa mencarinya di situs bhineka.com. Dibawah Mi 5, Anda bisa melihat Xiaomi Mi4i LTE dengan harga mulai dari Rp 2.700.000. Salah satu kelebihan smartphone Xiaomi adalah kapasitas baterainya yang tahan lama dan tidak cepat panas selama pemakaian. Selain itu smartphone ini sudah dilengkapi dengan jaringan 4G. Tak hanya itu, sudah banyak yang mengakui kualitas kamera Xiaomi yang jernih dan memiliki banyak fitur.

4. iPhone

Jika kita bicara soal iPhone, yang terlintas di pikiran kita adalah kualitas dan harga yang sama bagusnya. Artinya, untuk kualitas yang bagus, Anda juga harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Tentu saja, iPhone dibuat dengan sepenuh hati dan merupakan master piece untuk setiap seri keluarannya. Harga smartphone ini paling mahal tercatat dalam situs bhineka.com adalah Rp 16.000.000an, yaitu untuk seri iPhone 6 plus (128GB). Sedangkah harga iPhone paling murah adalah seri iPhone 5S (16GB), yang dibandrol dengan harga Rp 3000.000an saja.

Tentu belum hilang dari ingatan bahwa setiap kali Apple mengeluarkan produk baru, harganya bisa dipastikan sangat tinggi jika dibandingkan dengan pendapatan atau uang tabungan yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan produk tersebut. Tapi seiring berjalanya waktu, akan muncul seri baru yang lebih mahal dan menggeser seri lama menjadi terlihat murah, dan harganya terus menurun. Sebenarnya tidak masalah dengan membeli iPhone seri jadul yang masih bagus. Tapi tentu gengsi akan menurun.

5. Oppo

Sedikit melihat ke belakang berkaitan dengan harga smartphone yang kompetitif di pasaran. Salah satu produsen smartphone, Oppo, juga sempat menjadi salah satu primadona di etalase toko hp. Bagaimana tidak, dengan harga yang bisa dibilang murah dan kualitas yang tidak kalah dengan kompetitor unggulnya, Oppo mampu menarik perhatian masyarakat dengan kameranya yang jernih dan kualitas RAMnya yang cepat. Untuk beberapa seri, proses buka-tutup aplikasi nampak sangat ringan dibandingkan seri di bawahnya. Jika kita melihat ID situs bhineka.com, harga smartphone Oppo termahal ada pada seri F1 Plus, yaitu Rp 5.400.000.

Sedangkan untuk harga termurah, Oppo memiliki seri Neo 7, yaitu Rp 1.700.000. Salah satu hal yang menjadi kelemahan Oppo adalah variasi produknya yang kurang kompetitif, dimana banyak produsen smartphone yang berinovasi menghasilkan produk mutakhir dengan teknologi yang memudahkan kehidupan manusia misalkan kualitas kamera, jaringan internet 4G, RAM yang tidak lambat, dan sebagainya. Oppo nampaknya masih harus banyak belajar dalam hal tersebut.

Itulah beberapa daftar produk dan harga smartphone yang banyak dijual di pasaran. Bagi Anda yang ingin membeli smartphone, Anda bisa melihat referensinya dahulu di situs bhineka.com untuk memberikan gambaran harga smartphone dan pembanding sebelum memutuskan pergi ke toko. Belilah smartphone yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda, dan bukan untuk memenuhi gengsi Anda. Memang ada beberapa jenis orang yang mengejar hagemoni merk seperti “harus iPhone” karena kualitasnya bagus. Tapi itu bukan satu-satunya jaminan kualitas. (*)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11