KH Ma'ruf Amin Maafkan Boni Hargens yang Unggah Fotonya | Liputan Berita


Liputanberita.net - Rais Syuriah PBNU KH Ma'ruf Amin telah memaafkan Boni Hargens yang telah mengunggah ulang foto pernikahan tahun 2014 lalu.

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat, KH Cholil Nafis mengatakan, Ma'ruf Amin telah memaafkan Boni. Cholil mengatakan, Ma'ruf bahkan menanggapi hal itu dengan senyum.

"Kalau saya langsung kepada Kiai Ma'ruf Amin, beliau memaafkan. Beliau juga malah sambil senyum-senyum karena diceritakan nikah dengan (wanita berumur) 20-an. Yang jadi bedanya 30 tahunan. (Ma'ruf Amin) malah tidak marah," kata Cholil saat ditemui di Gedung MUI Pusat, Jl. Proklamasi No. 51, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2016).

Meski begitu, tetap ada orang yang mencintai Ma'ruf Amin yang tidak berkenan dengan kicauan Boni. Sebab, hal itu dianggap sebagai tindakan merendahkan ulama.

"Tapi umat yang mencintai beliau, ya marah, geram. Beliau Rois Am NU. Beliau Ketua MUI. Meski secara pribadi memaafkan, tapi kan umat tidak bisa memaafkan," ujar Cholil.

"Kalau kita sudah memafkan. Tapi kan maaf tidak menyelesaikan persoalan hukum seandainya ada teman-teman, umat yang mau melapor. Kenapa? Karena proses hukum ada 2 tujuannya. Pertama membuat jera orang yang melakukan. Kedua, membuat orang lain tidak melakukan yang sama. Sehingga orang, besok tidak mudah menghina kyai, ulama," imbuhnya.

Sore tadi, Advokat Muda NU menyambangi kantor sementara Bareskrim di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Mereka bertemu dengan tim Bareskrim untuk mengkonsultasikan cuitan Boni Hargens apakah masuk ranah pidana atau tidak.

"Kami merasa tersinggung dengan unggahan saudara Boni, menyebarkan tweet yang kemudian bagi kami terpanggil menjadi sesuatu masalah yang besar. Hari ini konsultasi Bareskrim karena ini delik aduan. Kalau misal dari sisi hukum memungkinkannya seperti apa. Ini konsultasi dulu," ucap koordinator tim Advokat Muda NU, Soleh, kepada wartawan di Bareskrim, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (25/11).

Boni telah meminta maaf atas tindakannya tersebut. Dia mengaku salah: seharusnya menyimpan gambar namun malah mempostingnya di Twitter.

"Saya meminta maaf untuk salah tekhnis terkait foto nikah pimpinan MUI. Foto masuk ke HP saya dari WA yang dikirim Bung Bithor. Kepencet," kata Boni. (detikcom)

Artikel Menarik Lainnya

Baca juga ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
close