Sambut Hari AIDS Se-dunia, Diskes Lantamal V Sosialisasikan HIV/AIDS Di SMA Hang Tuah 1 Sambut Hari AIDS Se-dunia, Diskes Lantamal V Sosialisasikan HIV/AIDS Di SMA Hang Tuah 1


Sambut Hari AIDS Se-dunia, Diskes Lantamal V Sosialisasikan HIV/AIDS Di SMA Hang Tuah 1
Liputanberita.net - Masih dalam rangka menyambut Hari AIDS Se-Dunia (HAS) yang diperingati pada tanggal 1 Desember besok, Dinas Kesehatan Lantamal V kembali menggelar acara sosialisasi tentang HIV/AIDS. Kali ini siswa SMA Hang Tuah 1 Surabaya menjadi target sosialisasi yang digelar di Rumah Bahari SMA Hang Tuah 1, Jalan Ikan Lumba-Lumba No.27, Surabaya pada Rabu (30/11).

Kehadiran tim sosialisasi yang diketuai oleh Letkol Laut (K) Yusuf Hartono, Kasubdis Kesum Diskes Lantamal V ini diterima oleh Waka Kesiswaan Edy Budiantoro, S.Pd mewakili Kepala Sekolah SMA Hang Tuah 1 Surabaya sesaat sebelum acara dimulai.

Menurut Edy-sapaan akrabnya pihak sekolah menyambut secara positif adanya sosialisasi tentang HIV/AIDS, dari asal usul penyakit, cara penularan, dan pencegahannya. Terlebih untuk siswa setingkat SMA yang beresiko tinggi untuk tertular melalui pergaulan bebas, atau narkoba.

Sementara itu dalam sosialisasi kali ini menghadirkan dr. Dewi Sartika Ariwanda, Dokter Muda Diskes Lantamal V sebagai pembicara. Dihadapan sekitar 120 siswa kelas 10 SMA Hang Tuah 1 Surabaya, dr. Dewi-sapaan akrabnya memberikan penjelasan seputar HIV/AIDS, mulai dari pengertian tentang penyakit yang masih menduduki peringkat teratas dunia sebagai penyakit mematikan tersebut, hingga cara penularannya melalui beragam media.

Dalam kesempatan tersebut selain tentang HIV/AIDS, dr. Dewi juga menjelaskan tentang bahaya narkotika kepada para siswa. Umumnya mereka sudah paham tentang kedua hal yang menyebabkan kematian manusia tersebut. Ini terlihat saat pembicara melontarkan beragam pertanyaan, mampu dijawab dengan lugas oleh para siswa.

Begitu pula saat sesi tanya jawab digelar, tidak sedikit siswa yang berebut mengajukan pertanyaan kepada dr.Dewi Sartika. Selain karena rasa ingin tahu, mereka juga antusias untuk mendapatkan reward atas jawaban atau pertanyaan yang mereka berikan.

Acara sosialisasi untuk menyambut Hari AIDS Se-dunia ini pun tak terasa berlangsung hampir dua jam . Dokter Dewi Sartika sebagai pembicara mengakhiri penjelasannya dengan himbauan kepada para siswa dan siswi yang belum lama mengecap bangku SMA ini, untuk berhati-hati dalam pergaulan sehari-hari.

“ Hindari yang namanya seks bebas dan narkoba, sebab keduanya menyebabkan kehancuran bagi kalian sebagai generasi muda penerus bangsa. Bentengi diri kalian dengan pengetahuan agama dan moral, dan isi kehidupan kalian dengan kegiatan positif dan bermanfaat”, pungkas dokter Dewi diakhir acara.

Menurut rencana Diskes Lantamal V juga akan berpartipasi dalam peringatan Hari AIDS Se-dunia yang akan digelar besok , 1 Desember 2016 di Gedung Grahadi Surabaya, yang dijadwalkan akan dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan RI. (Lantamal V)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11