Sejarawan: Cut Meutia Tak Punya Foto dan Wanita Aceh Dulu Tak Pakai Jilbab Sejarawan: Cut Meutia Tak Punya Foto dan Wanita Aceh Dulu Tak Pakai Jilbab


Sejarawan: Cut Meutia Tak Punya Foto dan Wanita Aceh Dulu Tak Pakai Jilbab
Liputanberita.net - Gambar pahlawan Cut Meutia yang tidak mengenakan jilbab pada uang baru pecahan Rp 1000 ramai dibahas. Menurut Sejarawan Aceh, Rusdi Sufi, wanita Aceh pada zaman dulu memang tidak mengenakan jilbab sebagai penutup kepala.

Mereka hanya memakai ija sawak (selendang) atau sanggul yang menjulang ke atas. Jilbab sendiri di Aceh baru ramai dipakai setelah Tanah Rencong resmi menerapkan Syariat Islam sejak awal tahun 2002. Beberapa wanita pejuang Aceh juga terlihat tidak mengenakan penutup kepala seperti terlihat pada foto mereka yang dimiliki sejarawan.

Baca juga : Cut Meutia Tidak Berjilbab di Uang Rupiah Baru, Ini Penjelasan BI

"Bapak punya foto lama tentang pejuang Aceh. Dari foto itu (wanita Aceh) memang tidak pakai jilbab. Dulu hanya ija sawak ditaruh di atas kepala. Perempuan Aceh pakai sanggul," kata Rusdi saat dihubungi detikcom dari Banda Aceh, Kamis (22/12/2016).

Rusdi menjelaskan, banyak mengoleksi foto-foto pahlawan Aceh zaman dulu seperti Cut Nyak Dhien, Laksamana Keumalahayati dan lainnya. Namun, khusus untuk Cut Meutia, ia tidak punya koleksi foto semasa hidupnya.

"Cut Meutia tidak ada foto semasa hidupnya, yang ada cuma lukisan. Cut Meutia tewas tertembak Belanda pada tahun 1910," jelasnya.
Sejarawan: Cut Meutia Tak Punya Foto dan Wanita Aceh Dulu Tak Pakai Jilbab
Cut Meutia tak memakai jilbab
Dari foto-foto yang dikoleksinya, Rusdi berkesimpulan wanita Aceh zaman dulu memang tidak mengenakan jilbab. Bahkan saat Laksamana Malahayati menyambut utusan Inggris, dia hanya menggunakan sanggul.

Rusdi memberi contoh pelajar dan mahasiswa Aceh pada masa dulu. Saat itu, mereka ke sekolah ataupun kampus dengan kepala terbuka.

"Dulu waktu anak-anak sekolah, waktu tahun 70-an, mana ada jilbab. Paling tutup kepala sedikit. Jilbab kan baru-baru ini baru setelah merdeka dan ada syaraiat Islam," tutur Rusdi.

"Sejak ada ketentuan syariat Islam baru pakai jilbab karena sudah ada WH (Wilayatul Hisbah) ada polisi. Dulu tidak ada itu awal-awal kemerdekaan. Wanita aceh tidak ada pakai jilbab dulu," jelasnya. (detikcom)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11