Pengadilan Diminta Perintahkan Setneg Batalkan Rumah Baru SBY Pemberian Negara Pengadilan Diminta Perintahkan Setneg Batalkan Rumah Baru SBY Pemberian Negara


Pengadilan Diminta Perintahkan Setneg Batalkan Rumah Baru SBY Pemberian Negara
Liputanberita.net - Forum Silaturahmi Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lintas Generasi meminta kepada pengadilan agar memerintahkan Sekretariat Negara membatalkan pemberian rumah kepada Presiden RI 2004-2014 Susilo Bambang Yudhoyono.

Permintaan pembatalan tersebut tertulis dalam petitum uji materi atau gugatan terhadap Peraturan Presiden RI Nomor 52 tahun 2014 tentang pengadaan dan standar rumah bagi mantan presiden dan wakil presiden ke Mahkamah Agung.

"Di dalam petitum itu kita minta bahwa rumah yang sudah dibangun itu dikembalikan kepada negara," kata salah satu pemohon Adhel Setiawan kepada Tribunnews.com di Mahkamah Agung, Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Menurut Adhel, Perpres 52 yang menjadi dasar pembangunan rumah untuk SBY bertentangan dengan Pasal 3 ayat 1 dan Pasal 7 ayat 1 UU RI Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

"Ini sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip keuangan negara sebagaimana diatur di Undang-Undang Keuangan Negara," kata Adhel.

Lagi pula, kata dia, nilai rumah baru SBY yang terletak Mega Kuningan Jakarta Selatan tersebut nilainya sangat fantastis yakni mencapi Rp 300 miliar.

Padahal, dalam Kepres yang ditandatangani Megati Soekarnoputri sebelumnya nilai maksimal adalah Rp 20 miliar.

"Lagian SBY sudah punya rumah besar di Cikeas dan di Jawa. Jadi dia tidak termasuk warga negara yang perlu dikasih rumah. Itu intinya," kata Adhel.

Kedua, Adhel Setiawan mengatakan pemberian rumah Rp 300 miliar tersebut menimbulkan ketidakadilan karena 40 persen WNI tidak mampu beli rumah.

"Itu sata kementerian PUPR. Sementata mantan preaiden dikasih nilai tanpa batasan maksimal," tukas Adhel Setiawan.

Uji materi Perpres tersebut resmi didaftarkan di Mahkamah Agung. (tribunnews)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11