Zulkifli: Memilih Gubernur Muslim Itu Hak Saya, Tapi Harus Tetap Menghormati, Tidak Boleh Melarang! Zulkifli: Memilih Gubernur Muslim Itu Hak Saya, Tapi Harus Tetap Menghormati, Tidak Boleh Melarang!


Liputanberita.net - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berpendapat memilih kepala daerah karena di latar belakangi agama bukan merupakan rasis. Menjadi hak setiap warga negara berkeinginan memilih pemimpin yang juga menganut agama yang sama dengannya.

"Saya katakan saya Muslim, saya mau pilih gubernur Muslim itu hak saya, teman-teman yang Kristen mau memilih gubernur yang Kristen itu juga haknya, saya harus tetap menghormati, yang tidak boleh itu melarang orang, itu tidak boleh," kata Zulkifli saat memberi kuliah kebangsaan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Selasa (17/1), kemarin.

Lebih lanjut dia menerangkan analogi lainnya, yakni seperti terhadap warga dari satu daerah yang ingin memilih kepala daerah. Warga tersebut mempunyai hak untuk memilih kepala daerah dilatarbelakangi asal daerah, suku, tempat lahir atau tinggal pemimpin tersebut. Politikus PAN itu prihatin lantaran rasis kerap dijadikan isu dalam pemilihan kepala daerah.

"Saya dari Lampung mau jadi gubernur Jateng, lalu ada warga Jateng yang mengatakan, saya mau pilih orang dari Jawa Tengah saja, ya itu hak dia, yang tidak boleh itu melarang. Lampung tidak boleh jadi pemimpin di Jateng, itu baru rasis. Menghina agama itu tidak boleh," ujarnya.

Menurut dia, konstitusi telah mengatur dan memperbolehkan setiap warga negara mempunyai kebanggaan terhadap asal daerahnya masing-masing. Selain itu, berupaya untuk mengoptimalkan dan mengembangkan daerahnya. Meski begitu setiap warga daerah wajib saling menghormati dan menghargai. Dengan begitu, kata dia, terciptanya keragaman dalam kesatuan Indonesia. (rol)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11