Debat Final Pilgub DKI Panas, Begini Reaksi Netizen Debat Final Pilgub DKI Panas, Begini Reaksi Netizen


Debat Final Pilgub DKI Panas, Begini Reaksi Netizen
Liputanberita.net - Debat pamungkas Pilgub DKI malam ini masih mendominasi perbicangan favorit di media sosial. Pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno malam ini menjalani debat terakhir di Pilgub DKI.

PoliticaWave merekam respons netizen di media sosial secara detail selama debat yang berlangsung kurang lebih 2 jam itu. Hasilnya, secara keseluruhan pasangan Ahok-Djarot mendominasi percakapan netizen sebesar 52%, dengan margin antara sentimen positif dan negatif sebesar 4.582.

Pasangan no 3, Anies-Sandi mendapatkan perhatian cukup besar dari netizen sebesar 37% dengan margin antara sentimen positif dan negatif sebesar 4.170. Pasangan no 1, Agus-Sylvi hanya berhasil mendapatkan 11% jumlah percakapan, dengan margin antara sentimen positif dan negatif sebesar 1.957.

"Pendukung masing-masing pasangan calon malam ini telah cukup baik mengangkat sentimen positif untuk kandidat yang mereka usung," kata Pendiri PoliticaWave, Yose Rizal melalui keterangan tertulisnya, Jumat (10/2/2017).

Menurut dia, perhatian netizen terhadap pasangan Ahok-Djarot masih sangat besar seperti pada debat-debat sebelumnya. Netizen menilai penyampaian Ahok terkait visi-misi jauh lebih detail dan sistematis.

"Jawaban Ahok-Djarot terhadap pernyataan kandidat lain juga dinilai tepat sasaran dan sesuai data. Percakapan negatif terkait Ahok salah satunya menyinggung kinerja Pemprov DKI yang belum maksimal menangani kasus kekerasan pada perempuan dan pemberantasan narkoba," kata Yose.

Sementara penampilan Anies juga dinilai lebih bagus dibanding debat-debat sebelumnya. Anies dalam debat malam ini lebih melibatkan data dan berbicara to the point sesuai topik yang dibahas. "Namun masih beberapa netizen yang menilai Anies masih kurang konkret dalam memaparkan program unggulannya," tutur Yose.

Ada pun Agus pada debat malam ini mendapat banyak pujian karena penampilannya yang jauh lebih santai dan berbicara menggunakan data. Para pendukung juga gencar memposting tagar dukungannya untuk Agus di sepanjang debat seperti #AHYSylviMenangDebat dan #AgusSylviMenangDebat. (detikcom)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11