Perbedaan Mencolok di Debat Pamungkas yang Lebih 'Panas' Perbedaan Mencolok di Debat Pamungkas yang Lebih 'Panas'


Perbedaan Mencolok di Debat Pamungkas yang Lebih 'Panas'
Liputanberita.net - Para cagub dan cawagub DKI Jakarta telah menghadapi tiga debat resmi yang dihelat KPUD. Pada debat pamungkas ini, tampak beberapa perbedaan mencolok dari penampilan mereka.

Debat pamungkas digelar di tempat yang sama seperti sebelumnya yakni Hotel Menara Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2017). Berbeda dengan debat kedua, pada debat pamungkas ini hanya ada 1 moderator.

Dimulai dari pasangan calon nomor urut 1 yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, penampilan mereka tampak ada perbedaan dari sebelumnya. Kali ini Agus tak terlalu banyak menggunakan kosakata bahasa Inggris.

Jika sebelumnya Agus berdiri agak ke tengah panggung baru bicara, kini dia lebih cepat dalam menjawab atau menanggapi. Agus sempat bicara melebihi waktu yang ditentukan saat bicara soal kekerasan verbal. Pada debat sebelumnya, Agus selalu tepat waktu.

Interaksi dengan Sylvi pada saat menyimak masih terlihat intensif, tetapi kini Agus tak terlalu banyak mencatat. Sebaliknya, Sylvi terlihat lebih banyak mencatat. Pada debat pamungkas ini pun Sylvi lebih banyak mendapat kesempatan bicara.

Sementara itu perbedaan mencolok pada cagub nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kini dirinya lebih banyak memberi kesempatan kepada cawagub Djarot Saiful Hidayat untuk bicara. Ahok tampak lebih banyak menyindir pasangan calon lain dibandingkan dengan debat-debat sebelumnya.

Djarot kali ini tidak lagi berdiri saat Ahok memaparkan visi-misi. Saat debat kali ini dia tak lagi mambawa buku catatan bersampul cokelat melainkan menggunakan alat peraga seperti foto untuk menjelaskan. Tak hanya itu, saat Ahok selesai menjelaskan paparannya mengenai program perumahan, Djarot sempat mengajak 'tos'.

Sementara itu yang berbeda dari cagub nomor urut 3 Anies Rasyid Baswedan adalah kemejanya tak lagi dimasukkan ke dalam celananya dan dibiarkan menjuntai. Sejak debat kedua Anies konsisten membawa alat peraga berupa paparan data. Kali ini alat peraga yang dibawanya lebih banyak.

Pada debat pamungkas ini Anies dan pasangannya, Sandiaga Salahudin Uno juga tampak lebih rileks. Keduanya kerap menyunggingkan senyum termasuk saat 'diserang' pasangan calon lain. Jika sebelumnya Sandiaga kerap membagi waktunya untuk Anies, pada debat kali ini dia lebih sering berbicara.

Sandiaga juga lebih ekspresif saat mendengarkan pasangan calon lain berbicara. Saat Anies selesai memaparkan pendapatnya dia juga mengajak 'tos'. (detikcom)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11