Begini Detik-detik Pesawat Militer AS Mendarat Darurat di Aceh Begini Detik-detik Pesawat Militer AS Mendarat Darurat di Aceh


Begini Detik-detik Pesawat Militer AS Mendarat Darurat di Aceh
Liputanberita.net - Pesawat militer Amerika Serikat mendarat darurat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh. Begitu pesawat menyentuh tanah, kru pesawat bergegas turun dan berlarian menjauh. Begini suasananya.

Berdasarkan video yang dilihat detikcom, Jumat (24/3/2017), ketika pesawat mendarat, sejumlah pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Armada pemadam ini bersiaga dari berbagai sisi pesawat. Mereka siap menyemprotkan air jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari dalam pesawat, satu per satu kru keluar lewat pintu depan. Mereka kemudian berlarian menjauh dari lokasi pesawat. Awak pesawat yang berjumlah 20 orang dan merupakan militer Amerika Serikat ini selanjutnya berdiri bertumpuk.

Selain itu, beberapa unit mobil ambulans sempat disiagakan di lokasi. Di video tersebut, terdengar suara petugas pemadam berkomunikasi melalui handy talkie (HT). Mereka memastikan tidak ada api yang muncul pada pesawat.

Saat pesawat jenis Boeing 707 itu mendarat, Bandara Sultan Iskandar Muda tengah sepi penerbangan. Sehingga tidak ada jadwal penerbangan yang terganggu akibat pendaratan darurat pesawat yang terbang dari Pulau Diego Garcia di Samudera Hindia ini.

Pihak tower Bandara Sultan Iskandar Muda mendapat informasi permintaan izin pesawat mendarat darurat sekitar pukul 12.30 WIB tadi. Pilot pesawat bernama Joshua Bosworth meminta izin untuk mendarat di rumput bandara. Pasalnya, satu mesin pesawat mengalami kebakaran sehingga mati total.

Setelah berputar-putar di udara Aceh untuk menghabiskan bahan bakar, mereka akhirnya mendarat sekitar pukul 13.20 WIB. Pendaratan berjalan mulus.

"Alhamdulillah, landing tadi tidak ada masalah," ungkap Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel (Pnb) Suliono saat ditemui wartawan.

"Pesawat ini mengalami kerusakan mesin. Karena bermasalah dengan mesin, mereka terpaksa mendarat darurat," ujar Danlanud Suliono. (detikcom)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11