Anda Berminat? Batu Nisan Digital Ukuran 48 Inci, Seharga Rp 42 Juta Anda Berminat? Batu Nisan Digital Ukuran 48 Inci, Seharga Rp 42 Juta


Anda Berminat? Batu Nisan Digital Ukuran 48 Inci, Seharga Rp 42 Juta
Liputanberita.net - Sebuah firma di Slovenia membuat terobosan dalam hal pembuatan batu nisan.

Jika biasanya, batu nisan yang ada di pekuburan "hanya" terbuat dari batu dan berbentuk prasasti, kini diciptakan batu nisan baru untuk "abad ke-21".

Ya, batu nisan berukuran diagonal 48 inci terbaru ini terbuat dari layar interaktif, yang bisa diisi dengan gambar, video, dan konten-konten digital lainnya.

Komplek Pemakaman Pobrezje yang berada di pinggiran Kota Maribor, -kota terbesar kedua di Slovenia, saat ini sedang mengembangkan nisan digital yang tahan cuaca tersebut.

Selain tahan cuaca, nisan tersebut pun dibuat aman dari aksi vandalisme. Layar nisan tersebut dirancang untuk bisa berinteraksi dengan peziarah.

Saat impresi pertama, nisan tersebut akan terlihat macam nisan lain pada umumnya.

Namun, jika peziarah berdiri di depannya selama beberapa detik, maka sensor yang terpasang pada nisan akan bekerja.

Nisan digital itu akan menyala dan "berubah" menjadi sebuah layar interaktif, dengan beragam konten digital.

Batu nisan model ini memungkinkan pihak keluarga memasukkan sesuatu di sisi nama orang yang telah meninggal. Bahkan, novel dan seluruh isinya bisa dimasukkan ke dalam layar itu.

"Anda bisa memasukkan gambar-gambar dan film di dalam nisan itu," ungkap Saso Radovanovic, pimpinan Bioenergija yang menjual produk itu, dalam wawancara dengan Reuters.

"Nisan itu memiliki sensor, sehingga saat tak ada orang di sekitar makam, nisan itu hanya akan menampilkan nama orang yang meninggal lengkap dengan tahun kelahiran dan kematiannya saja," kata Saso.

Menurut Saso, fitur ini sekaligus menghemat energi dan memperpanjang umur layar digital, dan nisan tersebut.

Produk ini dikembangkan dengan bantuan Milan Zorman, seorang profesor komputasi di Universitas Maribor.

Mereka bekerja dalam sebuah aplikasi telepon pintar, yang kemudian dihubungkan dalam aplikasi interaktif di batu nisan.

"Kami berniat untuk membawa suara ke dalam earphones yang terhubung ke telepon pintar yang menggunakan aplikasi ini," kata Zorman.

Dengan metode itu, peziarah bisa mendengarkan suara dari gambar atau pun video yang muncul di layar nisan.

Zorman mengungkapkan, alternatif itu dipilih sebab jika speaker dipasang pada layar nisan, maka pemakaman tersebut akan menjadi gaduh.

Karya ini diklaim sebagai terobosan batu nisan digital pertama di dunia.

Saso mengatakan, mereka telah menerima sejumlah pesanan yang harga per nisannya mencapai 3.189 dollar AS atau lebih dari Rp 42 juta. (Kompas)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11