Arus Mudik Lancar, Kapolri Sebut Berkat Kebijakan Pembangunan Jokowi Arus Mudik Lancar, Kapolri Sebut Berkat Kebijakan Pembangunan Jokowi


Arus Mudik Lancar, Kapolri Sebut Berkat Kebijakan Pembangunan Jokowi
Liputanberita.net - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan arus mudik Lebaran dan arus balik tahun ini secara umum berjalan dengan baik. Hasil evaluasinya menyatakan semua berjalan dengan baik dan tidak ada permasalahan yang berarti.

"Arus mudik relatif lancar, tidak banyak permasalahan yang berarti baik ke arah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun ke arah timur menuju Sumatera," kata Tito usai acara halal bi halal di Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/7).

Tito mengakui memang ada kepadatan arus lalu lintas. Namun hal itu tidak terjadi dalam kurun waktu yang lama hingga berjam-jam.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menjelaskan, terurainya kemacetan lantaran adanya kebijakan Presiden Joko Widodo yang membangun jalan tol dari Brebes hingga Gringsing. Tol sepanjang 110 KM tersebut dinilai efektif untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas saat mudik Lebaran.

Tak hanya itu pembangunan empat jalan layang (flyover) dari Brebes menuju jalur selatan juga sangat membantu untuk mengurai kemacetan yang disebabkan perlintasan kereta api.

"Jadi bayangkan dalam waktu satu tahun, empat flyover dan 110 km (jalan tol)," ucapnya.

Sementara itu terkait arus balik, Tito menyebut sejumlah titik yang diprediksi menjadi kepadatan kendaraan. Seperti di jalan tol Palimanan-Cikampek dan Gentong-Nagreg yang masih terjadi kepadatan namun relatif berjalan.

Hanya saja kepadatan di jalan tol disebabkan kendaraan yang memasuki rest area. Banyak kendaraan yang tak bisa masuk rest area justru beristirahat di bahu jalan.

"Banyak kendaraan yang masuk rest area, sehingga masyarakat yang lelah karena perjalanan panjang, mereka ingin istirahat di rest area karena penuh akhirnya di bahu jalan," tutup Tito. (merdeka)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11