Jati Padang Banjir Lagi, Anies: Tak Ada Pilihan Lain, Lebarkan Sungai Jati Padang Banjir Lagi, Anies: Tak Ada Pilihan Lain, Lebarkan Sungai


Jati Padang Banjir Lagi, Anies: Tak Ada Pilihan Lain, Lebarkan Sungai
Liputanberita.net - Tanggul Jatipadang, Jakarta Selatan jebol lagi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak cara lain selain melebarkan sungai untuk mengatasi tanggul itu.

Lokasi tanggul jebol ini berbeda dengan sebelumnya. Kali ini di RT 14 RW 06 Jati Padang.

"Namanya memang Jati Padang tapi RTnya beda-beda," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

Anies mengatakan problem menahun ini diakibatkan karena sungai yang mengalami penyempitan. Penyempitan tersebut membuat tanggul tak kuat menahan aliran air yang datang dengan volume besar.

"Walaupun hulu sudah ditutup tapi tetap saja curah hujan tinggi tekanan jadi besar," ujarnya.

Anies menegaskan tanggul akan segera dibangun. Selain itu, ia mengatakan akan meninggikan jembatan yang juga menutup aliran air di sungai.

"(Jembatan) Akan dibongkar akan ditinggikan, akan dilakukan penguatan di titik-titik yang dianggap lemah. Itu yang akan dilakukan jangka pendek," ucapnya.

Anies juga mengatakan, pelebaran sungai mau tidak mau juga harus dilakukan sebagai solusi jangka panjang. Kendati demikian ia enggan menegaskan konsep pelebaran yang dimaksudnya.

"Caranya, dan lain-lain nanti kita harus lihat lokasi situasi dan secara umum saya bicara sama warga semua yang tinggal di tepian situ rata-rata sudah menyadari bahwa tidak ada pilihan lain selain melebarkan sungai, mengembalikan lagi hak tata sungai itu dan tidak diduduki dan ditempati rumah," terangnya.

Semalam, Anies diketahui meninjau tanggul jebol di RT 14 RW 06, Jati Padang, Jakarta Selatan. Anies meninjau lokasi tanggul jebol dan kondisi rumah warga yang kebanjiran bersama dua anaknya. (detikcom)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11