Anies Baswedan Sebut Jakarta Masih Butuh Becak Anies Baswedan Sebut Jakarta Masih Butuh Becak

Anies Baswedan Sebut Jakarta Masih Butuh Becak
Liputanberita.net - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik hadirnya becak listrik yang diproduksi oleh anak bangsa. Becak listrik itu menggunakan dinamo dengan jarak tempuh hingga 40 kilometer dan kecepatan 25 km/jam. Becak yang diproduksi anak Amien Rais, Hanafi Rais ini diklaim ramah lingkungan.

"Kita ingin menghadirkan ide baru untuk Jakarta yaitu becak listrik, saya pribadi, saya mendukung apa yang menjadi langkah baik ini. Terima kasih," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu (11/3).

Kehadiran becak listrik ini, kata dia, bentuk nyata bahwa Jakarta masih membutuhkan transportasi tradisional.

"Kehadiran ini dapat membaca kenyataan yang ada di Jakarta bawa kenyataannya lainnya wilayah Jakarta pemukiman-pemukiman terutama kampung-kampung yang masih sederhana yang di sana kenyataannya masih menggunakan becak," ujarnya.

Sementara itu, penggagas becak listrik yakni Hanafi Rais mengatakan, tidak ada yang berbeda antara becak buatannya dengan becak biasa. Hanya saja, dia menambahkan dengan sentuhan teknologi.

"Bentuknya sederhana kita tidak berubah bentuk karena masing-masing daerah punya identitas lokal becak, kita pertahankan, hanya kita rubah mechanical nya menjadi listrik yang lebih canggih," ujar Hanafi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR yang membidangi Pertahanan, Intelijen, Luar Negeri, Komunikasi dan Informatika ini menegaskan, becak listrik ini tidak ada kaitannya dengan urusan politik. Dia berulang kali menegaskan bahwa ini urusan pribadinya.

"Ini enggak ada hubungannya dengan komisi I, ini karena saya punya pengalaman produksi becak listrik prototype di Yogya dulu. Nah ketika Pemprov DKI punya ide untuk hidupkan kembali becak di kawasan tertentu dan terbatas, tentu saya sambut dengan gembira. Tapi dengan becak listrik supaya ramah lingkungan ramah juga dengan manusianya," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu (11/3).

"Jadi enggak ada hubungannya dengan komisi I. Ini sebagai pribadi bantuan saya Hanifi Rais, bukan lembaga, bukan partai, bukan apapun. Pribadi Hanifi Rais, biayanya dari Hanafi Rais sendiri," sambung putra Amien Rais ini.

Wacana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghidupkan kembali becak menuai pro-kontra. Hanafi tidak ingin ikut campur. Menurutnya, itu murni urusan Pemprov DKI Jakarta. (merdeka)

Berikut spesifikasi prototipe becak listrik :
1. Mesin penggerak dinamo jenis hub 1000w 48v
2. Daya angkut hingga 250 kg
3. Kecepatan maksimal 25km
4. Pengisian daya 3 jam
5. Jarak tempuh 40km
6. Sistem rem cakram hidrolik
7. Daya listrik PLN 100w
8. Lampu
9. Klakson
10. Kunci starter

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11