Bawaslu tolak gugatan Partai Rakyat, Idaman dan Parsindo Bawaslu tolak gugatan Partai Rakyat, Idaman dan Parsindo

Bawaslu tolak gugatan Partai Rakyat, Idaman dan Parsindo
Liputanberita.net - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menolak sepenuhnya gugatan tiga partai politik yang tak diloloskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta pemilu 2019. Tiga partai tersebut yakni Idaman, Rakyat, dan Parsindo.

Bawaslu menolak hal itu dalam sidang ajudikasi yang dibuka pukul 16.30 WIB dan dipimpin oleh majelis pemeriksa yang juga Ketua Bawaslu Abhan dan anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, Mochammad Afifudin, dan Rahmat Bagja. Sementara KPU diwakili tim kuasa hukumnya dipimpin Ali Nurdin selaku pihak termohon.

"Menyatakan dan memutuskan dalam eksepsi menolak permohonan pemohon untuk sepenuhnya. Demikian rapat pleno hari senin yang dibacakan para pihak dan terbuka untuk umum," kata Abhan di ruang sidang Bawaslu RI, MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (5/3).

Secara berurutan, majelis pemeriksa memaparkan gugatan tiga parpol yakni Idaman, Parsindo dan Parsindo kepada KPU. Poinnya persis, ketiganya tak lolos administrasi sehingga tak bisa melanjutkan ke tahapan verifikasi dari KPU.

Sebelumnya, ketiga parpol itu pernah menguji ke Bawaslu, alhasil Bawaslu juga menolak dan tetap mengikuti apa yang diputuskan KPU. Sehingga putusan KPU sebelumnya mengikat, sehingga tak perlu melakukan penelitian administrasi ulang.

"Menimbang terbitnya PKPU 6 Tahun 2018, KPU telah melakukan penelitian administrasi, sehingga KPU tidak perlu lagi meneliti persyaratan administrasi yang telah dilakukan," kata anggota Bawaslu Mochammad Afifudin dikesempatan yang sama.

Partai yang lolos administrasi juga tertuang dalam Surat Keputusan KPU Nomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 terkait peserta Pemilu 2019. Keputusan ini dicantumkan utnuk memberikan status hukum kepada peserta Pemilu.

"Demikian sidang terhadap partai Parsindo, rakyat dan Idaman dinyatakan selesai," tutup Abhan disusul mengetok palu. (merdeka)

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Diberdayakan oleh Blogger.
IBX582A9C9AF3C11